IMG_acca-UIIProgram Studi Akuntansi FE UII kembali bekerja sama dengan ACCA (Association of Chartered Certified Accountants) mengadakan seminar bertajuk “Jumpstart Your Career Through Certification and Internship”. Seminar yang diselenggarakan di Aula Utara FE UII tersebut dihadiri oleh Ina Verina Rosali selaku Business Relationship Manager – Education at ACCA Indonesia, sebagai pembicara. Acara tersebut terlaksana pada hari Kamis, 15 September 2016 pukul 13.30 WIB dan dihadiri oleh segenap mahasiswa akuntansi.

Ketua Program Studi Akuntansi FE UII, Dekar Urumsah, SE., S.Si., M.Com (IS)., Ph.D dalam sambutannya menghimbau dan berpesan kepada segenap mahasiswa untuk dapat menyiapkan diri menghadapi tantangan dan persaingan global. Dan sebagai seorang akuntan, salah satu cara untuk dapat survive dalam persaingan tersebut adalah dengan mendapatkan kualifikasi internasional. “Program Studi Akuntansi akan memfasilitasi dan memberikan beasiswa kepada mahasiswa yang lolos melalui serangkaian tes yang diberikan, untuk dapat mengikuti ujian sertifikasi ACCA dengan subsidi dari Prodi Akuntansi.” tambah Ketua Prodi Akuntansi, memotivasi dan meningkatkan antusiasme mahasiswa dalam menempuh kualifikasi internasional ini.

Pada seminar kali ini Ina Rosali menjelaskan alur yang akan ditempuh seseorang dalam meniti dunia karirnya. Sehingga, setiap orang harus paham dan mengerti perihal apa yang dilaluinya dan memperhatikan hal penting yang ada didalamnya. Seperti disampaikan oleh Ina Rosali dalam seminar ini, bahwa setiap orang akan melalui beberapa tahapan, seperti; (1) Academic Qualification+Professional Certification, (2) CV/Resume+Cover Letter, (3)Interview, (4) Internship, (5) First Job, dan (6) Salary Negosiation & Getting Promoted.

Ina Rosali dalam seminar kali ini juga menyampaikan bahwa sesungguhnya saat ini Indonesia membutuhkan 452.000 profesional akuntan yang terkualifikasi. Namun pada kenyataanya, baru tersedia 16.000 profesional akuntan di Indonesia. Sehingga, besar peluang dan tantangan bagi segenap mahasiswa calon-calon akuntan untuk dapat memenuhi kebutuhan Indonesia terhadap profesional akuntan. Dan patut digaris bawahi bahwa dunia global semakin bersaing dan Indonesia menghadapi MEA, sehingga nantinya seluruh masyarakat Indonesia harus dapat bersaing dan menghadapi tantangan dari dunia yang lebih luas lagi.