EAA

Dosen Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (FE UII), Fitra Roman Cahaya, SE., M.Com., Ph.D mengikuti  konferensi internasional yang diadakan oleh asosiasi profesi dan akademisi akuntansi terbesar di dunia, European Accounting Association (EAA) Congress 2017 yang di selenggarakan pada 10-12 Mei 2017 di Valencia, Spanyol.

Konferensi EAA tahun 2017 ini merupakan konferensi EAA yang ke-40. Ada 1.268 paper yang dikumpulkan dari berbagai negara ke panitia konferensi EAA tahun 2017 ini. Setelah seleksi yang sangat ketat melalui proses blind review, panitia akhirnya menerima 953 paper untuk dipresentasikan di forum konferensi tersebut, tujuh diantaranya dari Indonesia. Adapun konferensi ini di ikuti oleh para pakar, kalangan professional, serta dosen yang berasal dari berbagai negara di dunia.

Di sampaikan oleh Fitra Roman Cahaya, paper yang ia presentasikan berjudul “Factors affecting plagiarism: The case of accounting lecturers”. Paper tersebut merupakan hasil dari penelitian yang menguji beberapa faktor yang memiliki potensi mempengaruhi dosen akuntansi untuk melakukan plagiat. Sampel penelitian ini diambil dari dosen akuntansi yang ada di berbagai universitas di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Di dalam penelitian ini menunjukkan bahwa tekanan kerja dan persaingan tidak sehat antar dosen mempengaruhi dosen akuntansi untuk melakukan plagiat. Paper ini ditulis bersama Ari Santoso, alumni Prodi Akuntansi UII dan Program Magister Akuntansi (MAKSI) UII.

“Kesan yang paling penting dari presentasi paper di forum yang sangat bergengsi tersebut adalah masukan yang diterima dari ahli kelas dunia dibidangnya. Pada saat konferensi tersebut, saya dapat bertemu dengan akademisi yang artikelnya saya gunakan sebagai referensi di dalam paper ini. Jejaring internasional juga saya dapatkan dalam forum tersebut,” paparnya.

Roman Cahaya menambahkan, EAA Congress 2017 ini merupakan forum konferensi yang ketiga kalinya ia ikuti. Sebelumnya Roman telah mengikuti EAA Congress tahun 2011 di Roma, Italia, dan EAA Congress tahun 2016 di Maastricht, Belanda.

Saat ini Roman Cahaya yang juga menjabat Direktur Keuangan dan Anggaran UII ditunjuk menjadi anggota Komite Hubungan Internasional pada Divisi Akuntansi Internasional, American Accounting Association (AAA) oleh Professor Ajay Adhikari (Kogod Business School, American University, Washington, DC, USA) pada EAA Congress tahun 2016  lalu.

Sementara itu, Ketua Prodi Akuntansi UII, Dekar Urumsah, SE., S.Si., M.Com (IS)., Ph.D turut bangga dan sangat mengapresiasi atas prestasi koleganya tersebut. Dekar memaparkan, presentasi di konferensi menjadi salah satu langkah untuk mendapatkan masukan secara langsung dari para peserta sebelum dipublikasikan ke jurnal. Prodi Akuntansi pada langkah selanjutnya akan mendorong para dosennya untuk berkonsentrasi pada publikasi artikel ke jurnal internasional yang terindeks (Scopus atau Thomson Reuters), walaupun sebenarnya beberapa dosen juga sudah memulainya sejak beberapa tahun belakangan, namun masih secara individual.

“Alhamdulillah, saya turut bangga atas prestasi yang diraih oleh Fitra Roman Cahaya tersebut, hal ini merupakan salah satu bukti atas kualitas penelitian dosen-dosen Akuntansi FE UII,” tuturnya. (RH)