1469985935890-N-300x180

Enterprise Resource Management Challenge (ERMC) adalah suatu kompetisi tahunan yang diadakan oleh SIM University Singapore, yang didukung oleh SAP dan menggunakan MonsoonSIM yang merupakan game simulasi bisnis berbasis cloud yang dikembangkan oleh Monsoon Academy. Dalam kompetisi ini, setiap tim terdiri dari 5 orang yang akan membangun perusahaan virtualnya masing-masing dan saling bersaing untuk mengelola perusahaan dan memperoleh laba yang paling tinggi.

Sejak Januari, sebanyak 11 universitas se-Indonesia telah melakukan Play off Internal. Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (FE UII) turut berpartisipasi dalam ERM Challenge seperti pada tahun-tahun sebelumnya. UII akan mengirimkan 2 tim terbaiknya untuk mengikuti Country Final Indonesia di Jakarta, tepatnya di Universitas Indonesia. UII telah menyelenggarakan game penyisihan pada Sabtu, 30 Juli 2016 bertempat di FE UII. General Manager Monsoon Academy, Sidharta Hadi Gunawan juga ikut hadir untuk menyaksikan game penyisihan ini. Sebanyak 9 tim tercatat mengikuti ERMC 2016 ini. Kesembilan tim ini seluruhnya diikuti oleh mahasiswa FE UII dari beragam angkatan.

SAP FE UII memfasilitasi para tim dengan latihan yang dilakukan setiap hari sebanyak tiga kali selama kurang lebih 14 hari. Bertindak sebagai fasilitator merupakan dosen FE UII yaitu , Dra.Primanita Setyono, MBA. Ak, CA, SAP Certified sebagai Director of ERP Competence Center di UII dan Dra. Noor Endah Cahyawati, M.Si, SAP Certified sebagai Vice Director of ERP Competence Center di UII. Keduanya telah sukses pada tahun-tahun sebelumnya dalam membimbing tim FE UII untuk meraih gelar juara pada Country Final Indonesia dan maju ke kancah Asia Tenggara di Singapore.

Hasil dari game penyisihan di FE UII, tim ROYALE yang  berhasil meraih laba tertinggi  sebanyak Rp 22.500.00. Disusul pada posisi kedua yaitu tim SPIRITS dengan laba Rp 25.000.000. Kedua tim pemenang selanjutnya akan mengikuti pelatihan kembali untuk maju ke Country Final Indonesia pada 11 Agustus 2016 mendatang. Tim ROYALE beranggotakan Dipta Wahyu, Agung Prasetyo, Muhammad Mukhtar, Dennys dan Savero. Sedangkan tim SPIRITS beranggotaan Ardhian Habib, Salmandaksa, Abiyoga, Billy Budiman dan Hendra Kusmartono.

Sumber: fecon.uii.ac.id