Balance-487x321

Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi (HMJA) KOMISI Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (FE UII) bersama Program Studi Akuntansi menyelenggarakan Battle And Lead In Accounting Competition (BALANCE) pada (31/03-02/04), bertempat di Gedung Prof. Ace Partadiredja FE UII. Secara resmi jalannya kompetisi dibuka oleh Rektor Universitas Islam Indonesia, Nandang Sutrisno, S.H., LL.M., M.Hum., Ph.D.

Dalam sambutanya Nandang Sutrisno menjelaskan bahwa profesi akuntansi dibutuhkan hampir oleh seluruh instansi pemerintah maupun swasta. Seringkali maju mundurnya organisasi tidak terlepas dari peran penting akuntan terhadap perusahaan.

“Profesi akuntansi memiliki peran yang penting, sering kali maju mundurnya organisasi sangat tergantung dari keberadaan profesi akuntansi itu sendiri. Sebaliknya kadang kala profesi akuntansi ini juga digunakan untuk hal yang tidak benar” ungkap Nandang Sutrisno, S.H., LL.M., M.Hum., Ph.D.

Oleh sebab itu, Rektor menjelaskan penting bagi setiap perguruan tinggi di indonesia untuk mengembangkan nilai nilai yang harus dipegang teguh oleh akuntan, khususnya program studi akuntansi sebagai pengembang ilmu akuntansi diharapkan mampu membentuk para akuntan yang kompeten dan berintegritas.

Rektor juga menjelaskan bahwa salah satu upaya untuk melahirkan para akuntan yang kompeten yang dilakukan UII adalah dengan melakukan standarisasi internasional. Belum lama ini Prodi Akuntansi telah mendapatkan akreditasi dari the Association of Chartered Certified Accountants (ACCA) yang saat ini mempunyai kantor pusat di London, Inggris. Dengan diterimanya akreditasi ini, Prodi Akuntansi UII telah dinyatakan memiliki kesesuaian kurikulum dengan standar kompetensi profesi akuntan yang ditetapkan ACCA dan mahasiswa Prodi Akuntansi UII akan memperoleh kemudahan dalam mendapatkan sertifikasi profesi internasional.

Di sisi lain, ketua panitia BALANCE, M. Ihsan T dalam sambutan tehnikal meeting menyampakain bahwa kompetisi ini bertujuan untuk mewadahi peningkatan kompetensi ilmu akuntansi bagi mahasiswa akuntansi dan sebagai media dalam menjalin komunikasi dan silaturahmi antar program studi akuntansi di Indonesia.

Dalam sambutanya Ihsan juga menyampaikan selamat kepada 15 tim yang telah lolos pada seleksi Preliminary Battle yang sebelumnya diikuti oleh 105 tim dari seluruh Indonesia. Ia menjelaskan bahwa 15 tim yang lolos akan melanjutkan kompetisi pada Multiple Choice Battle dan Teamwork Battle pada sabtu, (1/4). Tim yang unggul akan masuk ketahap grand final battle pada hari selanjutnya dan mengikuti puncak acara pada Awarding Night, Minggu (2/4).

Sumber: uii.ac.id