Visi Program Studi Akuntansi FE UII

Menjadi program studi akuntansi terkemuka baik di tingkat nasional maupun internasional yang setara dengan pendidikan di negara maju pada tahun 2025, dengan melandaskan pada nilai rahmatan lil’alamin, nilai Islam dan nilai kesempurnaan.”

Misi Program Studi Akuntansi FE UII

Misi Program Studi Akuntansi pada dasarnya merupakan penjabaran dari misi Fakultas yang dalam hal ini merupakan wujud misi Universitas di tingkat Fakultas, yaitu:

  • Menghasilkan lulusan yang mempunyai integritas moral dan personal yang tinggi, mudah beradaptasi melalui pembekalan atas pemahaman yang menyeluruh dan aplikasi nilai-nilai Islam.
  • Menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan dan penguasaan ilmu dan teknologi di bidang bisnis dan akuntansi melalui penciptaan lingkungan proses belajar mengajar yang kondusif, penelitian, pengabdian masyarakat, dan dakwah Islamiyah.

Tujuan Program Studi Akuntansi FE UII 

Secara umum tujuan Program Studi Akuntansi FE UII adalah: “Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi fungsional, kompetensi personal dan kompetensi perspektif bisnis yang luas.”
Secara khusus, Program Studi Akuntansi bertujuan untuk mempersiapkan calon akuntan profesional yang memiliki integritas moral dan personal yang tinggi, memiliki kemampuan konseptual, memiliki kompetensi keilmuan, memiliki wawasan bisnis yang luas, memiliki etika bisnis yang baik, mampu berkomunikasi dengan baik, dan mempunyai motivasi untuk melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi atau berkarir secara mandiri.

Untuk mencapai tujuan tersebut, Program Studi Akuntansi secara periodik mengevaluasi kurikulumnya, dengan mempertimbangkan perkembangan ilmu akuntansi, perkembangan teknologi informasi, dan perkembangan kebutuhan-kebutuhan akuntansi di dunia bisnis. Sejak tahun lalu, Program Studi Akuntansi juga telah menjalankan program untuk pengembangan karakter bagi mahasiswa baru, yaitu Output Character Building (OCB) yang meliputi program pengembangan kepribadian (aspek psikologis) serta pengembangan reading skill dan academic skill. Setelah mengikuti program ini di semester , mahasiswa baru sudah bisa mengembangakan kelebihannya dan meminimalkan kekurangannya untuk mencapai tujuan, antara lain sebagai independent learner dan bisa berkomunikasi dengan baik, baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Pada semester-semester berikutnya, semua mata kuliah inti akuntansi diperkaya dengan praktik (lab. mata kuliah), yang didukung dengan penggunaan software tertentu, misalnya Excel, Eviews, Peachtree, dsb.

Sejak tahun 2005, Program Studi Akuntansi telah memasukkan mata kuliah ERP System di dalam kurikulumnya, bekerjasama dengan My SAP ERP. ERP system atau sistem perencanaan sumber daya perusahaan merupakan sistem pengelolaan perusahaan secara terintegrasi yang saat ini telah banyak digunakan di perusahaan-perusahaan menengah maupun besar, baik di Indonesia maupun di negara-negara maju. Mahasiswa yang lulus mata kuliah ini akan mendapatkan sertifikat yang diakui secara internasional.

Keterkaitan visi, misi dan tujuan universitas dan Prodi Akuntansi yaitu Values, Innovation dan Perfection dimana ketiga kata kunci inilah menjadi dasar strategi pengembangan Program Studi Akuntansi dalam menghadapi persaingan antar perguruan tinggi baik nasional, regional, maupun global. Visi dan misi Prodi Akuntansi dibangun dengan menggunakan prinsip dasar universitas yaitu integrasi antara nilai ke-Islaman dan keunggulan (excellence).