Pembekalan Alumni Program Studi Akuntansi UII

Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (FE UII) MEWAJIBKAN kepada seluruh calon wisudawan/wisudawati Program Studi Akuntansi untuk hadir dalam acara Pembekalan Alumni.

Pembekalan Alumni tersebut akan dilaksanakan pada:

  • Hari, tanggal: Sabtu, 18 November 2017
  • Pukul: 09.00 – Selesai
  • Tempat: Ruang P 1/2 Gedung Prof. Dr. Ace Partadiredja Kampus FE UII

Ketentuan:

  • Wajib hadir bagi wisudawan/wisudawati Prodi Akuntansi FE UII
  • Calon wisudawan/wisudawati wajib membawa CV (Curriculum Vitae) pada saat mengikuti acara
  • Calon wisudawan/wisudawati diharapkan dapat mempersiapkan diri untuk praktik wawancara kerja

Pendaftaran dilakukan di kantor Prodi Akuntansi.
lihat poster

Informasi dan pendaftaran selengkapnya dapat menghubungi:
Kantor Prodi Akuntansi FE UII
Telp. 0274 881546 ext.2109   HP/SMS/WA: 083867280116 (Rena)

*Informasi: Sertifikat pembekalan alumni menjadi syarat pengambilan transkrif nilai.

UII Jadi Kampus Swasta Terbaik di Simposium Nasional Akuntansi 2017

Simposium Nasional Akuntansi (SNA) merupakan forum ilmiah untuk memaparkan hasil-hasil penelitian terbaik di bidang akuntansi oleh para peneliti, pendidik, mahasiswa, dan praktisi dari seluruh Indonesia. Selain sebagai forum ilimiah SNA juga menjadi ajang silaturahmi antar akademisi dan praktisi di Indonesia.

Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (FE UII) berhasil menempati peringkat satu untuk perguruan tinggi swasta (PTS) dengan jumlah paper terbanyak di ajang SNA 2017 ke-20 yang diselenggarakan di Universitas Jember, 27-30 September 2017. Secara keseluruhan, UII ada di peringkat 2 bersaing ketat dengan universitas-universitas negeri dan swasta seluruh Indonesia.

Ketua Prodi Akuntansi UII, Dekar Urumsah, SE., S.Si., M.Com (IS)., Ph.D, mengatakan, tahun ini Prodi Akuntansi UII mengirim 24 paper ke ajang bergengsi tersebut. Dari 24 paper tersebut, satu paper berhasil meraih best poster paper yaitu Analisis Determinan Penghindaran Pajak di Indonesia.

Paper yang ditulis oleh Cantika Ristadelvina, S.Akun dan Abriyani Puspaningsih, Dra., M.Si., Ak., merupakan hasil penelitian tentang pengaruh komite audit, ukuran perusahaan, dan leverage terhadap penghindaran pajak di Indonesia. Dari hasil penelitian tersebut dibuktikan bahwa penggunaan asset dan sumber dana oleh perusahaan dimana dalam penggunaan aset atau dana tersebut perusahaan harus mengeluarkan biaya tetap atau beban tetap (disebut: leverage) berpengaruh secara signifikan terhadap penghindaran pajak di Indonesia.

“Capaian ini membanggakan, prestasi dari mahasiswa dan juga dosen di Prodi Akuntansi UII terus mengalir yang sekaligus menandakan UII senantiasa memiliki semangat dalam memproduksi karya-karya penelitian yang kuantitas sekaligus kualitasnya sangat baik,” ungkap Dekar.

Dekar Urumsah menambahkan, Prodi Akuntansi FE UII tentunya akan secara terus menerus berpartisipasi dalam SNA pada tahun-tahun berikutnya dengan mengirimkan hasil penelitian yang lebih banyak dan lebih berkualitas.

(RH)

Dosen Akuntansi UII Raih Doktor di International Islamic University Malaysia

Belum lama lalu sempat diberitakan salah satu dosen di Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (FE UII) Rifqi Muhammad, SE., SH., M.Sc., SAS, mendapatkan sertifikasi Ahli Syariah Pasar Modal dari The Indonesia Capital Market Institute. Nah, tanggal 25 September 2017 kemarin, Institute of Islamic Banking and Finance (IIBF), International Islamic University Malaysia (IIUM) menyatakan kelulusan S3 nya setelah meneliti praktik pengungkapan laporan sosial bank syariah.

Topik disertasi yang Ia pertahankan adalah “corporate social reporting practices by islamic banking in indonesia from the aspects of stakeholders’ perceptions, level of disclosure, and social performance”.

“Disertasi saya mengenai persepsi stakeholder di bank syariah yaitu manajemen, anggota DPS, dosen akuntansi syariah, dan konsumen tentang urgensi Islamic social reporting di bank syariah. Kemudian, disertasi itu juga membahas peran DPS dalam mempengaruhi pengungkapan laporan sosial serta kinerja sosial bank syariah di Indonesia”, ungkap Rifqi.

Dosen Akuntansi UII dan juga penulis buku berjudul “Akuntansi keuangan syariah: konsep dan implementasi PSAK syariah” ini pada sidang akhir disertasinya (viva) diuji oleh beberapa dewan penguji yang mayoritas berasal dari kampus yang berbeda di Malaysia seperti Prof. Azlan bin Amran (Dean Graduate School of Business, University Sains Malaysia), Assoc. Prof. Dr. Romlah binti Jaafar (University Kebangsaan Malaysia), dan Assoc. Dr. Khairul bin Annuar (Department of Accounting, International Islamic University Malaysia).

Rifqi yang juga sebagai peneliti di Pusat Pengkajian & Pengembangan Ekonomi Islam (P3EI), Fakultas Ekonomi UII secara khusus menyampaikan ungkapan terimakasih kepada supervisornya, Assoc. Prof. Dr. Hafiz-Majdi Abd. Rashid dan secara khusus kepada UII, serta koleganya di Prodi Akuntansi UII, dan P3EI.

“Saya berterimakasih kepada para pihak yang senantiasa ikut membantu perjuangan saya dalam menempuh Ph.D ini. Saya berharap, semoga bisa menambah kontribusi dalam pengembangan akuntansi syariah di Indonesia dan khususnya di Prodi Akuntansi UII”, pungkasnya. (RH)

Meningkatkan Inspirasi Bagi Mahasiswa, Akuntansi UII Hadirkan Alumni Mengajar

Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (FE UII) menggelar acara kolosal yaitu kuliah umum dan pembekalan alumni dengan menghadirkan alumni inspiratif yang saat ini mengabdikan diri di Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Kegiatan pembekalan alumni dan kuliah umum tersebut diisi oleh Ir. Novel Arsyad, MM. (alumni Prodi Teknik Sipil FTSP UII) dan Pramusinto, SE., MM (alumni Prodi Akuntansi FE UII). Acara berlangsung pada Sabtu, 16 September 2017 bertempat di Ruang P1/2 dan Aula Utara Gedung Prof. Dr. Ace Partadiredja Kampus FE UII Condongcatur, Sleman, Yogyakarta.

Pembekalan alumi merupakan acara yang diikuti oleh calon wisudawan/ti Prodi Akuntansi FE UII yang setip dua bulan sekali digelar guna membekali mahasiswa untuk berbagi pengalaman alumni dalam memasuki dunia kerja, mulai dari pengalaman mencari pekerjaan dan berbagai tips agar dapat bersaing dalam menghadapi rekrutmen pekerjaan serta memilih karir pekerjaan yang baik.

Sementara kuliah umum bersama alumni diikuti oleh mahasiswa baru Prodi Akuntansi FE UII, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa dalam merintis dunia kerja sehingga mahasiswa mampu menyerap ilmu dan pengalaman yang diberikan, kemudian melalui kegiatan ini dapat mendorong mahasiswa untuk melakukan magang di berbagai perusahaan sehingga mewujudkan cita-cita kampus UII khususnya Program Studi Akuntansi untuk dapat mencetak generasi-generasi yang tidak hanya memiliki bekal teori tetapi juga gambaran praktik dunia kerja.

Novel yang saat ini diberikan amanah untuk menjadi Direktur Human Capital dan Pengembangan PT.Wijaya Karya (Persero) Tbk, dalam kesempatan tersebut memaparkan pentingnya calon alumni memiliki semangat dan kerja keras dalam meraih cita-cita yang diinginkan. Novel juga memberikan penekanan mengenai pentingnya calon alumni memiliki sikap percaya diri dan berani dalam menghadapi kerasnya dunia kerja. Acara yang diawali dengan pemaparan gambaran umum BUMN di Indonesia ini sangat antusias diikuti oleh calon alumni yang akan diwisuda pada 23 september 2017.

“Mahasiswa harus memiliki ilmu tidak hanya di bidang akuntansi namun juga dibidang lain yang berkaitan dengan hal tersebut”, papar Novel.

Dalam acara yang juga diwarnai pembagian buku “great people to great business the power of intagible assets” ini, Direktur Human Capital PT. WIKA tersebut juga memberikan pemaparan pentingnya human capital dalam menggerakan modal, alat dan teknologi untuk mencapai kesuksesan perusahaan. Diakhir acara Novel tidak lupa memberikan pesan kepada mahasisiwa untuk selalu bangga menjadi mahasiswa UII.

Selanjutnya, Pramusinto memberikan pemaparan peran penting profesi akuntansi dan keuangan dalam dunia bisnis. Pramusinto yang saat ini menjabat sebagai Manager Treasury PT.Wijaya Karya (Persero) Tbk, berharap dengan pemaparan tersebut akan dapat memberikan mahasiswa gambaran posisi profesi akuntansi di dalam perusahaan.

“Peran profesi Akuntansi sangat vital dalam dunia perusahaan, sehingga posisi penting ini harus dimanfaatkan oleh mahasiswa UII untuk mengisinya”, papar Pramusinto.

Dekar Urumsah SE., S.Si., M.Com (IS)., Ph.D selaku ketua Prodi Akuntansi FE UII di sela-sela acara mengungkapkan bahwa Prodi Akuntansi menyambut dengan gembira semangat alumni untuk ikut berperan dan berbagi pengalaman kepada adik-adiknya di Prodi Akuntansi FE UII.

“Secara khusus Prodi Akuntansi juga mengucapkan terima kasih kepada Ir. Novel Arsyad, MM dan Pramusinto, SE., MM yang sudah bersedia hadir dan berbagi ilmu kepada mahasiswa Prodi Akuntansi FE UII”, ungkap Dekar.

Dekar juga berharap kedepan akan lebih banyak alumni UII pada umumnya dan alumni Prodi Akuntansi FE UII khususnya untuk berbagi ilmu dan pengalaman kepada mahasiswa Prodi Akuntansi FE UII.

(MNK & RH)

Kuliah Umum Bersama Alumni

Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (FE UII) mengadakan kuliah umum bersama alumni Akuntansi UII.

Kuliah umum tersebut akan dilaksanakan pada:

  • Hari, tanggal: Sabtu, 16 September 2017
  • Pukul: 09.00 – Selesai
  • Tempat: Aula Utara, Gedung Prof. Dr. Ace Partadiredja Kampus FE UII

Pembicara:

Ir. Novel Arsyad, MM
Direktur Human Capital dan Pengembangan PT. Wijaya Karya (Persero) Tbk.
Pramusinto, SE., MM
Manager Treasury PT. Wijaya Karya (Persero) Tbk.

lihat poster

Informasi lebih lanjut:
Kantor Prodi Akuntansi FE UII
Telp. 0274 881546 ext.2109   HP/SMS/WA: 083867280116 (Rena)

Pembekalan Alumni Program Studi Akuntansi UII

Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (FE UII) MEWAJIBKAN kepada seluruh calon wisudawan/wisudawati Program Studi Akuntansi untuk hadir dalam acara Pembekalan Alumni.

Pembekalan Alumni tersebut akan dilaksanakan pada:

  • Hari, tanggal: Sabtu, 16 September 2017
  • Pukul: 09.00 – Selesai
  • Tempat: Ruang P 1/2 Gedung Prof. Dr. Ace Partadiredja Kampus FE UII

Ketentuan:

  • Wajib hadir bagi wisudawan/wisudawati Prodi Akuntansi FE UII
  • Calon wisudawan/wisudawati wajib membawa CV (Curriculum Vitae) pada saat mengikuti acara
  • Calon wisudawan/wisudawati diharapkan dapat mempersiapkan diri untuk praktik wawancara kerja

Pendaftaran dilakukan di kantor Prodi Akuntansi.
lihat poster

Informasi dan pendaftaran selengkapnya dapat menghubungi:
Kantor Prodi Akuntansi FE UII
Telp. 0274 881546 ext.2109   HP/SMS/WA: 083867280116 (Rena)

*Informasi: Sertifikat pembekalan alumni menjadi syarat pengambilan transkrif nilai.

Temu Forum Alumni Akuntansi FE UII

Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (FE UII) mengundang Koordinator alumni Akuntansi FE UII setiap angkatan untuk hadir dalam acara Temu Forum Alumni Akuntansi FE UII.

Jadwal kegiatan:

  • Hari, tanggal: Sabtu, 9 September 2017
  • Pukul: 09.00 WIB s.d. selesai
  • Tempat: Aula Utara Gedung Prof. Dr. Ace Partadiredja Kampus FE UII, Condongcatur, Depok, Sleman, DIY.

Pendaftaran online: bit.ly/temualumniaktuii

Pendaftaran online dibuka sampai dengan Hari Kamis, 7 September 2017

lihat poster

Informasi Lebih Lanjut:

Kantor Prodi Akuntansi FE UII
Telp. 0274 881546 ext.2109
HP. 0838-6728-0116 (Rena)

Penjelasan Akademik Mahasiswa Baru Program Studi Akuntansi UII

Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (FE UII) MEWAJIBKAN kepada seluruh mahasiswa baru angkatan 2017 Program Studi Akuntansi untuk hadir dalam acara Penjelasan Akademik.

Penjelasan Akademik tersebut akan dilaksanakan pada:

Sesi 1: Bagi Mahasiswa dengan NIM 17312000 hingga 17312220

  • Hari, tanggal: Selasa, 29 Agustus 2017
  • Pukul: 12.30 WIB
  • Tempat: Ruang Aula Utara Gedung Prof. Dr. Ace Partadiredja Kampus FE UII

Sesi 2: Bagi Mahasiswa dengan NIM 17312221 hingga 17312553

  • Hari, tanggal: Selasa, 29 Agustus 2017
  • Pukul: 15.30 WIB
  • Tempat: Ruang Aula Utara Gedung Prof. Dr. Ace Partadiredja Kampus FE UII

lihat poster

Informasi Lebih Lanjut:
Kantor Prodi Akuntansi FE UII
Telp. 0274 881546 ext.2109

Akuntansi UII Sepakati Kerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Auditor Forensik (LSP AF)

Potensi praktik kecurangan dan korupsi semakin tinggi seiring dengan bertambahnya jumlah dan ragam transaksi keuangan. Sebagai bagian dari upaya pencegahan dan penanggulangan praktik kecurangan dan korupsi, diperlukan peran auditor yang memiliki keahlian forensik. Universitas Islam Indonesia (UII) menilai bahwa permasalahan ini perlu penanganan serius, tak hanya oleh pemerintah, namun juga melibatkan peran berbagai lembaga termasuk pendidikan tinggi dan masyarakat luas.

Pusat Studi Akuntansi Forensik (PSAF) yang berada di bawah pengelolaan Program Studi Akuntansi merupakan salah satu pusat studi di UII yang terus aktif dalam melakukan berbagai kajian dan riset di bidang akuntansi forensik. Untuk meningkatkan sinergi peran akademisi dan profesi, khususnya di bidang audit forensik, UII merasa penting untuk menjalin kerja sama untuk mendukung peningkatan kompetensi dan sertifikasi auditor forensik.

Merespon hal tersebut, UII mengadakan jalinan kerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Auditor Forensik (LSP AF). Acara Penandatanganan Nota Kesepakatan Kerjasama antara LSP AF dan UII diselenggarakan pada Rabu (09/08) bertempat di Ruang Sidang 1/1 Gedung Prof. Ace Partadiredja, Kampus Fakultas Ekonomi FE UII yang dihadiri langsung oleh Rektor UII, Nandang Sutrisno, SH., LL.M., M.Hum., Ph.D. didampingi oleh Dekan Fakultas Ekonomi, Dr. Drs. Dwipraptono Agus Hardjito, M.Si. dan Ketua Program Studi Akuntansi, Dekar Urumsah, SE., S.Si., M.Com(IS)., Ph.D. Sedangkan dari pihak mitra dihadiri oleh Ketua LSP AF, Drs. Ubaedi, Ak., CA., CFrA, dan didampingi oleh dua orang delegasi yaitu Mulia Ardi, SE., Ak., MM., selaku Kepala Bidang Sertifikasi dan Dr. (cn) Drs. H. Ishak Nawawi SH., MH., MM., QIA., selaku Kepala Bidang Humas dan Hubungan Antar Lembaga.

Rektor UII dalam sambutannya kembali menegaskan bahwa UII berkomitmen untuk terus mempertahankan dan meningkatkan mutu pendidikan melalui akreditasi institusi dan program studi yang telah di raih selama ini, dan bahkan beberapa program studi sudah meraih akreditasi internasional. Jalinan kerja sama strategis dengan berbagai lembaga profesi juga menjadi kunci penting untuk mendorong peningkatan kontribusi nyata pendidikan tinggi dalam mengatasi berbagai permasalahan di tanah air. Oleh sebab itu, kerja sama dengan LSP AF disambut dengan antusias dan diharapkan dapat segera ditindaklanjuti dengan pelaksanaan kegiatan bersama.

Sementara Ketua LSP AF, Ubaedi, menyampaikan apresiasinya kepada UII atas kerjasama yang terjalin dan diharapkan bahwa kerjasama ini dapat memperluas kesempatan untuk menekuni bidang audit forensik dan menghasilkan auditor muda yang semakin banyak. LSP AF sudah bekerjasama dengan berbagai institusi termasuk lembaga diklat dan perguruan tinggi untuk melatih para mahasiswa yang ingin mempelajari dan meraih sertifikasi sebagai auditor forensik.

Ketua Program Studi Akuntansi, Dekar Urumsah, menyampaikan bahwa kerja sama ini merupakan bagian dari target program yang memang ingin diwujudkan oleh Prodi Akuntansi. “Kita ingin menunjukkan komitmen kita dalam bidang pembelajaran akuntansi dan audit forensik sebagai salah satu keunggulan program studi, dan tentunya sebagai bagian dari kontribusi UII dalam mendukung pelatihan dan sertifikasi profesi auditor forensik di Indonesia”, ungkap Dekar.

Sumber: uii.ac.id

Mendalami Audit Forensik, Akuntansi UII Menggelar Summer Course Bersama dengan ARI UiTM di Malaysia

Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (FE UII) menggelar acara Summer Course mengenai akuntansi forensik bekerja sama dengan Accounting Research Institute, Universiti Teknologi MARA (ARI UiTM) Malaysia. Kegiatan berlangsung pada 31 Juli-4 Agustus 2017 bertempat di kampus ARI UiTM, Shah Alam, Malaysia.

Rifqi Muhammad, SE., SH., M.Sc., SAS, selaku ketua pelaksana program summer course ini menjelaskan bahwa tema dari program ini adalah Forensic Audit Summer Course in Malaysia (FASC), diikuti oleh 19 peserta dari Indonesia dan sekitar 10 peserta dari Malaysia. Adapun peserta dari Indonesia terdiri dari 9 peserta dari mahasiswa S1 Akuntansi UII, 1 peserta dari mahasiswa MAKSI UII, 7 orang dosen Prodi Akuntansi UII, 2 peserta dari Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara dan Universitas Sriwijaya.

“FASC merupakan program kursus singkat hasil kerja sama Prodi Akuntansi UII dan ARI UiTM Malaysia untuk meningkatkan pemahaman empiris kepada mahasiswa dalam bidang akuntansi forensik khususnya mengenai topik-topik riset kontemporer dan pengetahuan praktis”, papar Rifqi.

Lebih lanjut, Rifqi berharap dengan program summer course ini semoga akan meningkatkan kualitas pembelajaran akuntansi forensik di Prodi Akuntansi FE UII khusunya dan di Indonesia.

Sementara Ketua Prodi Akuntansi FE UII, Dekar Urumsah, SE., S.Si., M.Com (IS)., Ph.D, menyampaikan melalui kegiatan FASC 2017 ini diharapkan meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam melakukan riset di bidang akuntansi forensik dan menambah pengalaman serta jejaring di tingkat internasional. Disamping hal tersebut, secara institusional  kerja sama antara Prodi Akuntansi FE UII dengan Universiti Teknologi MARA (UiTM) yang telah terjalin diharapkan bisa semakin kuat. Kerja sama bisa semakin diperluas tidak hanya dalam pertukaran mahasiswa dan dosen saja. Namun, juga dapat dibangun kolaborasi riset untuk pengembangan penelitian bidang akuntansi di Indonesia. (RH)