MoU dgn ARI

Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (FE UII) dan Accounting Research Institute, Universiti Teknologi MARA (ARI UiTM) Malaysia sepakat menjalin kerjasama pengembangan ilmu pengetahuan teknologi yang bersifat kolaborasi, khususnya di bidang penelitian. Kesepakatan kerjasama ditandai dengan penandatanganan naskah Letter of Intent oleh Dekan Fakultas Ekonomi UII Dr. Dwipraptono Agus Harjito, M.Si., Ketua Prodi Akuntansi UII Dekar Urumsah, SE., S.Si., M.Com (IS)., Ph.D., Direktur ARI UiTM Prof. Dr. Normah Omar, dan Deputi Direktur Bidang Research & Networking ARI UiTM Assoc. Prof. Dr. Jamaliah Said di Dorsett Hotel, Putrajaya, Malaysia, Rabu (12/4).

Disampaikan Dekar Urumsah, Ph.D., sebagai lembaga riset yang sangat bereputasi di Malaysia, kerjasama dengan ARI UiTM akan lebih meningkatkan atmosfer riset kolaborasi pada level internasional yang sekaligus juga akan meningkatkan kuantitas dan kualitas publikasi penelitian dalam bidang Akuntansi secara global. Selama ini sebenarnya terdapat aktivitas kerjasama yang terjalin dengan FE UII, khususnya dari Prodi Akuntansi UII dengan ARI UiTM. Salah satu contoh pada bulan November tahun lalu ARI UiTM telah mengisi General Lecture mengenai penelitian bisnis dan inovasi dalam menuju globalisasi di Prodi Akuntansi UII.

“Saya sangat berharap melalui kerjasama ini akan lebih meningkatkan atmosfer riset kolaborasi pada level internasional yang sekaligus juga akan meningkatkan kuantitas dan kualitas publikasi hasil penelitian di lingkungan Prodi Akuntansi UII di level internasional,” ujarnya.

Dekar menambahkan, kesepakatan dalam Letter of Intent juga mendefinisikan apa saja ruang lingkup yang bisa dikerjasamakan. Saat ini atmosfer penelitian dan publikasi di lingkungan Prodi Akuntansi UII meningkat secara signifikan, yang tentunya juga akan ditingkatkan baik secara kuantitas dan kualitas atau dengan kata lain “continous improvement by process”. Jadi harapannya dengan target tersebut hanya bisa dicapai dengan niat, usaha dan semangat yang kuat serta didukung sumberdaya dan infrasturktur yang memadai. Dan tentunya juga tidak terlepas mohon rahmat, barokah dan ridho dari Allah SWT, insya Allah secara bertahap Prodi Akuntansi UII bisa mencapainya dalam memenuhi kualifikasi nasional maupun internasional.

Menurut Dekar, kerjasama lain yang bisa dilakukan misalnya terkait dalam hal kebutuhan data dan informasi antar negara di Indonesia dan Malaysia. Hal ini tentunya menjadi kerjasama yang saling menguntungkan bagi kedua pihak, baik bagi ARI UiTM dan Prodi Akuntansi UII untuk menguatkan secara kelembagaan dan dapat dijadikan untuk keperluan skripsi mahasiswa maupun penelitian para dosen kedepannya,” paparnya.

Sementara saat ditanyai bagaimana harapan ke depannya dari Letter of Intent antara FE UII dan ARI UiTM, Prof. Dr. Normah Omar mengungkapkan rasa terimakasih dimana kerjasama yang dilakukan dapat digunakan sebagai penguatan lahan untuk penelitian. “Kami juga ingin menyampaikan informasi tentang kolaborasi ilmiah, training akademis dan peningkatan kapasitas akademik,’ ungkapnya.

Selain penandatangan Letter of Intent, ARI UiTM dan FE UII bekerjasama juga dalam kepanitiaan International Conference on Financial Criminology di Malaysia. Menurut Dr. Dwipraptono Harjito, M.Si selaku Dekan FE UII dalam sambutannya mengatakan, melalui kerjasama yang dilakukan dapat memberikan manfaat dan memperluas networking bagi kedua belah pihak dengan penelitian dan juga publikasinya,” ujarnya. (RH)