IMG_7838-488x321

Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (FE UII) dan Badan Amil Zakat Nasional Daerah Istimewa Yogyakarta (BAZNAS DIY) sepakat menjalin kerjasama dalam hal peningkatan kapasitas pengelolaan akuntansi dan manajemen keuangan BAZNAS DIY.  BAZNAS DIY memiliki visi agar terwujudnya BAZNAS yang profesional, efektif dan efisien serta terpercaya di Daerah Istimewa Yogyakarta yang berkedudukan dijalan Sukonandi No.8 Yogyakarta.

Kesepakatan kerjasama ditandai dengan penandatanganan naskah Memorandum of Understanding (MoU) oleh Dekan Fakultas Ekonomi UII Dr. Agus Hardjito, M.Si dan Ketua BAZNAS DIY, Dr. Bambang Sutiyoso, SH., M.Hum di Gedung Fakultas Ekonomi UII, Senin (27/2). Turut hadir dan menyaksikan Ketua Program Studi (Prodi) Akuntansi FE UII, Dekar Urumsah, SE., S.Si., M.Com (IS)., Ph.D. Direktur Pusat Pengembangan Akuntansi UII, Ayu Chairina Laksmi, M.App.Com., M.Res., Ph.D.,Ak.,CA. dan Ketua Tim Pelaksana Mahmudi, SE., M.Si., CMA.

Acara penandatangan MoU dibuka oleh Dekar Urumsah, SE., S.Si., M.Com (IS)., Ph.D, Ketua Program Studi Akuntansi FE UII. Dalam sambutannya, Dekar Urumsah terlebih dahulu memaparkan secara singkat mengenai proses pembentukan MoU antara Prodi Akuntansi FE UII dan Yasma yang akan ditandatangani, dimana inisiatif pembentukan MoU bermula dari adanya kegiatan pengabdian masyarakat oleh Prodi Akuntansi FE UII di Lingkungan  BAZNAS DIY kemudian adanya keinginan untuk meningkatkan kapasitas pengelolaan akuntansi dan manajemen keuangan, sehingga ditindaklanjuti oleh Prodi Akuntansi untuk membahas draft MoU hingga tercapainya kesepakatan oleh kedua pihak atas draft MoU tersebut. Kerja sama ini tidak hanya pada ranah pengabdian masyarakat, namun juga pada ranah penelitian, pendampingan, konsultansi, dan pelatihan. “Prodi Akuntansi UII selalu berkeinginan agar mempunyai nilai manfaat yang lebih bagi masyarakat sesuai dengan visi UII yaitu rahmatan lil‘alamin” paparnya.

Disampaikan Ketua Umum BAZNAS DIY, Dr. Bambang Sutiyoso, SH., M.Hum dalam sambutannya menyampaikan bahwa “Program Studi Akuntansi UII telah menjalin kerjasama yang sangat baik sebelumnya dengan Yasma, sehingga kami ingin melanjutkan kerjasama dalam hal peningkatan kapasitas pengelolaan akuntansi dan manajemen keuangan di BAZNAS DIY. Melalui kerjasama yang dilakukan ini harapannya dapat meningkatkan akuntabilitas organisasi di BAZNAS DIY,” tuturnya. Program Studi Akuntansi UII menurut Dr. Bambang Sutiyoso mempunyai resource yang handal.

Sementara itu Dekan FE UII Dr. Agus Hadjito dalam sambutannya menyampaikan bahwa sampai saat ini UII terus berupaya memberikan manfaatnya kepada masyarakat, tidak hanya dalam bidang keilmuan namun juga pelayanan dan pengabdian masyarakat. Menurut Dr. Agus Hadjito, Prodi Akuntansi FE UII telah berpengalaman dalam kegiatan seperti ini karena sebelumnya juga telah bekerja sama dengan Yayasan Masjid Syuhada (Yasma) dalam hal peningkatan pengelolaan keuangan organisasi. “Harapannya kerjasama seperti ini dapat memberikan manfaat yang nyata bagi BAZNAS dan seluruh masyarakat di DIY” paparnya.