Derasnya informasi global dan liberalisasi dunia usaha, telah mendorong terjadinya kompetisi disegala sektor, baik di sektor industri, dagang, maupun jasa. Sehubungan dengan hal tersebut produk yang berkualitas tinggi dengan harga yang terjangkau masyarakat yang akan memenangkan kompetisi ini. Orientasi kompetisi tidak lagi terfokus pada produsen, tetapi telah beralih ke “customer dan user”.

Sektor tenaga kerja akan terkena dampak yang paling parah jika liberalisasi tenaga kerja terjadi, karena kita akui bahwa skill tenaga kerja Indonesia saat ini kualitasnya masih berada di bawah skill tenaga kerja asing. Proteksi disektor tenaga kerja yang selama ini dilakukan oleh Pemerintah, tidak akan mampu lagi dipertahankan. Kebijakan proteksi ini akan mengundang tekanan dunia Internasional. Oleh karena itu, tiada lain kita harus mampu memenangkan kompetisi dengan mereka melalui peningkatan knowledge dan skill sumber daya manusia kita.

Sejalan dengan orientasi Pemerintah saat ini, perguruan tinggi harus mampu mendekatkan diri dengan realitas kehidupan masyarakat, sehingga mampu menghasilkan produk-produk terapan yang berguna bagi masyarakat pengguna perguruan tinggi tersebut. Untuk menjembatani kebutuhan masyarakat tersebut Program Studi Akuntansi FE UII mendirikan sebuah lembaga yang bergerak dalam kegiatan penyediaan jasa penelitian, pelatihan dan konsultasi akuntansi dan bisnis yang diberi nama Pusat Pengembangan Akuntansi pada tahun 1996.

Pusat Pengembangan Akuntansi (PPA) FE UII merupakan unit pelaksana pengembangan akademik yang dikemas dalam bentuk penyediaan jasa penelitian, pelatihan serta konsultasi.  Sejak berdirinya yaitu tahun 1996 sampai dengan sekarang, PPA-FE UII telah banyak  melakukan kerjasama dalam bidang penelitian, pelatihan, dan jasa konsultasi dengan beberapa Pemerintah Daerah di sekitar DIY dan Jawa Tengah, meliputi:   Pemerintah Daerah  Kabupaten Sleman, Klaten, Kulon Progo, Temanggung, Cilacap, Pati, Rembang, dan Boyolali.  Namun demikian, PPA-FE UII tidak menutup kemungkinan untuk bekerja sama dengan organisasi bisnis. Hal ini telah dilakukan sejak tahun 1996 dengan menyediakan jasa layanan konsultasi perpajakan bagi usaha kecil dan menengah. Selain itu PPA FE UII juga telah bekerja sama dengan LPM UII merintis mendirikan 10 – 15 unit  Baitul Maal wal Tanwil (BMT) di wilayah Kabupaten Sleman. Sampai saat ini PPA FE UII merupakan konsultan dari BMT-BMT tersebut.

Ayu Chairina Laksmi, SE., M.AppCom., M.Res., Ph.D., Ak., CA
Direktur Pusat Pengembangan Akuntansi (PPA) UII
Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi UII
Telepon : (0274) 881546 Ext.2226/2110
E-Mail : ayucl@uii.ac.id