Perkembangan dunia akuntansi yang semakin pesat saat ini tidak hanya membawa manfaat bagi masyarakat tapi juga menjadi sumber masalah kecurangan (fraud) yang sangat kompleks seperti misalnya korupsi, penyalahgunaan aset dan manipulasi laporan keuangan yang sulit atau bahkan tidak bisa dideteksi oleh proses audit keuangan biasa. Oleh karena itu disiplin ilmu akuntansi dituntut untuk dapat berubah mengikuti tren permasalahan terkini terutama yang terkait dengan isu-isu kecurangan (fraud). Berkembanganya ilmu akuntansi forensik  merupakan jawaban atas tantangan tersebut. Sifat “problem-based” dari disiplin ilmu akuntansi forensik diharapkan dapat menjadi solusi masalah – masalah kecurangan yang saat ini banyak ditemukan di berbagai entitas baik di lingkup nasional maupun internasional.

Pusat studi Akuntansi Forensik yang berada di bawah Program Studi Akuntansi Universitas Islam Indonesia adalah representasi dari upaya untuk mengembangkan bidang ilmu akuntansi forensik. Upaya ini diwujudkan terutama dalam bentuk kajian-kajian untuk mengidentifikasi tren permasalahan kecurangan pada saat ini yang akan menjadi dasar perumusan strategi diantaranya untuk pengembangan SDM di bidang Akuntansi Forensik di Indonesia.

Pusat Studi Akuntansi Forensik ini diharapkan akan dapat memperkenalkan dan mendukung perkembangan Akuntansi Forensik di Indonesia sebagai salah satu cabang baru ilmu baru Akuntansi. Pusat Studi Akuntansi Forensik juga akan menjadi sarana untuk menjalin networking antara para akademisi, praktisi, dan pemerhati Akuntansi Forensik baik di tingkat nasional maupun internasional.

Hendi Yogi Prabowo, MForAccy, Ph.D
Direktur Pusat Studi Akuntansi Forensik (PSAF)
Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi UII
Telepon : (0274) 881546 Ext.2226/2227
E-Mail : 023130102@uii.ac.id  /  hendi_prabowo@yahoo.com