Dina Fahsa: Jejak Mahasiswa Akuntansi dalam Dunia Pers

Di balik sorotan kamera dan tumpukan berita, ada suara-suara yang tak terdengar, cerita-cerita yang belum tersampaikan secara lengkap. Hari Pers, sebuah momen yang memperkuat pentingnya kebebasan berekspresi dan akses terhadap informasi. Dalam upaya mengungkap sisi lain dari peran media, Dina Syarafina Fahsa, mahasiswa angkatan 22 Program Studi Akuntansi, yang telah menjejaki di dunia jurnalistik kampus dengan bergabung di Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) FBE UII. 

 

Sebagai seorang mahasiswa yang juga aktif di kegiatan organisasi. Dina telah merangkai rutinitas sehari-hari yang padat serta menggabungkan tuntutan akademik dengan keterlibatannya dalam berbagai organisasi. Menjalani rutinitas harian yang mencakup kuliah dan kegiatan organisasi memerlukan manajemen waktu yang baik, “Saya biasanya membuat jadwal yang terstruktur dan menyusun skala prioritas. Fleksibilitas juga penting agar dapat menyesuaikan diri dengan perubahan jadwal yang mungkin terjadi,” kata Dina.

 

Motivasi Dina untuk mengejar pendidikan dan terlibat dalam kegiatan di luar akademik adalah ingin terus berkembang, meningkatkan keterampilan manajemen waktu, memperluas relasi, dan mendapatkan pengalaman baru. Dina menemukan minat dalam bidang jurnalistik dan pers melalui keinginannya untuk menyampaikan informasi yang relevan, kebebasan berekspresi, dan dapat mewakili suara tidak hanya mahasiswa tetapi juga masyarakat,

“Saya tertarik karena percaya bahwa pers memiliki peran penting dalam menyebarkan informasi yang akurat, membangun kesadaran mahasiswa, serta dapat mewakili suara masyarakat.” Harapan Dina dapat membagikan informasi dengan lebih efisien, akurat, relevan, dan berimbang serta dapat mewakili suara mahasiswa dengan integritas, keberanian, dan keadilan.

Menurut analisa Dina, perkembangan industri pers di Indonesia saat ini terlihat semakin dinamis. Hal ini ditandai dengan banyaknya media online yang bermunculan dan berbagai platform sosial media yang digunakan untuk menyebarkan informasi. Meskipun demikian, tantangan seperti masalah kebebasan pers dan kredibilitas masih perlu diatasi untuk memastikan keberlanjutan dan integritas industri pers. 

 

Dalam menghadapi tantangan di dunia pers, Dina menekankan bahwa salah satu hal terbesar adalah menjaga objektivitas dan integritas, “Penting untuk memastikan bahwa informasi yang disampaikan akurat dan dapat dipercaya.” Katanya. Peran pers sangat besar dalam mempengaruhi opini publik dan membentuk masyarakat,

“Melalui berita, opini, dan analisis yang disampaikan, pers dapat membentuk pandangan dan sikap masyarakat terhadap berbagai isu, politik, dan kehidupan sehari-hari.” ujar Dina.

 

Dalam menyambut Hari Pers, Dina berharap industri pers terus berkembang menuju arah yang lebih baik, “Semoga pers mampu menjaga integritasnya, memberikan informasi yang akurat dan berimbang, serta tetap menjadi penjaga kebebasan dan demokrasi.” Dengan demikian, pers dapat terus memainkan peran yang penting dalam membentuk masyarakat yang berpengetahuan dan berpikiran kritis. (PI)