ICFC 2017

Penghargaan International kembali diterima oleh dosen Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (FE UII), Dekar Urumsah, SE., S.Si., M.Com (IS)., Ph.D dan Rizki Hamdani, SE., M.Ak., Akt. Kali ini Dekar dan Rizki mendapat penghargaan Best Paper Award dalam International Conference on Financial Criminology (ICFC) ke-8 yang diselenggarakan oleh Universiti Teknologi MARA (UiTM) bekerjasama dengan Malaysian Accounting Association (MyAA), Polis Diraja Malaysia, dan beberapa kampus Malaysia dan Indonesia di Putrajaya, Malaysia, 12-13 April 2017.  Konferensi ini merupakan sebuah forum akademik bergengsi di wilayah Asia dalam bidang Financial Criminology.

Penghargaan yang diperoleh Dekar dan Rizki menambah koleksi penghargaan internasional yang diterima sebelumnya oleh para dosen UII. Konferensi ini dihadiri pembicara dari berbagai negara termasuk Inggris, Korea, Jepang, China, India, Rusia, Saudi Arabia, Nigeria, Zimbabwe, Malaysia, dan Singapura. Sekitar lebih dari 200 partisipan dikalangan akademisi, praktisi krimonologi, regulator, industri, dan mahasiswa doktor.

Menurut Dekar artikelnya yang mendapat Best Paper Award berjudul “Skills of the Forensic Accountants in Public Sector Reveal Fraud in Indonesia: An Empirical Investigation”. Artikel tersebut merupakan hasil dari penelitian tentang skill yang dibutuhkan oleh seorang akuntan forensik untuk mengungkap fraud di lembaga sektor publik. Di dalam paper ini menyatakan bahwa kemampuan investigasi (investigative skill) dan kemampuan menilai aset (business valuation) sangat penting dimiliki oleh seorang akuntan forensik untuk menemukan fraud di lingkungan pemerintahan.

“Saya sangat bersyukur atas penghargaan ini dan semoga apa yang saya dan Rizki peroleh ini bisa mengangkat nama Indonesia, khususnya Prodi Akuntansi FE UII,” paparnya.

Saat ini Dekar yang juga menjabat Ketua Prodi Akuntansi UII sedang melaksanakan program hibah penelitian DPPM mengenai perilaku fraud dengan beberapa koleganya di Prodi Akuntansi, begitu juga dengan Rizki sedang berkolaborasi penelitian dengan Direktur Pusat Studi Akuntansi Forensik (Hendi Yogi Prabowo) tentang eksaminasi kerugian negara oleh para koruptor. Dekar dan Rizki sangat bersyukur atas penghargaan ini.

Atas prestasi koleganya tersebut, Dekan FE UII, Dr. Agus Harjito, turut bangga. “Saya bangga atas penghargaan yang diraih Dekar dan Rizki dan penghargaan tersebut merupakan salah satu bukti atas kualitas penelitian dosen-dosen Akuntansi FE UII,” tuturnya.