Mengenal Lebih Dekat: Tim Media Sosial Prodi Akuntansi UII
Media sosial merupakan salah satu sarana penghubung yang paling manjur bagi sebuah institusi dan audiensnya. Kekinian, mulai dari Instagram, Youtube, hingga Twitter pun menjadi beberapa platform yang ramai digunakan oleh institusi-institusi. Mulai dari lembaga pemerintahan, perusahaan, hingga sekolah maupun universitas pun turut serta meramaikan perkembangannya. Tak kalah, Program Studi Akuntansi Universitas Islam Indonesia juga terus mengikuti perkembangan tren yang ada melalui sosial media resminya. Mulai dari Instagram, Twitter, Youtube, dan Website resmi Prodi Akuntansi UII terus memberikan update informasi-informasi dengan cara milenial.
Tentunya setiap media sosial memerlukan pengelolaannya masing-masing, begitupun dengan sosial media Prodi Akuntansi UII. Prodi Akuntansi UII memiliki tim khusus untuk mengelola semua social media resminya. Mulai dari content creator, copywriter, hingga social media admin di-handle oleh tim ini.
Copywriter Instagram
Narendra, sebagai Person-in-Charge (PIC) Copywriter Instagram (accounting.uii), bercerita selama ia membuat konten sosial media. Ia tidak hanya membuat konten, tetapi juga membuat caption dan melakukan identifikasi ulang sebelum melakukan publikasi. Hal ini dilakukan untuk meminimalisasi kesalahan dan kesesuaian konten.
Copywriter Twitter
Berlian (PIC Twitter) menerangkan tugasnya selama mengelola akun twitter Akuntansi UII (Accounting_UII). Sebagai PIC sendiri bertugas untuk memantau tren pasar dan menyesuaikannya dengan goals yang ingin dicapai.
“Soalnya seperti yang kita tahu kalo pergerakan di sosial media itu cepet banget. Jadi tetap perlu penyesuaian-penyesuaian biar tetep gak ketinggalan jaman. Juga, mengelola konten yang menarik agar engagement ttp bisa sesuai harapan. Seru sih! Banyak hal-hal baru yang bisa dipelajari selama berproses bersama Tim Media Prodi Akuntansi UII,” ucap Berlian.
Design
Ivana (PIC Design Twitter) menjelaskan selain mendesain konten, tim desain juga melakukan pengecekan ulang apakah konten termasuk sensitive atau perlu diubah agar menjadi lebih menarik. Antar anggota Tim Desain mempunyai kebiasaan untuk saling memberikan masukan design satu sama lain dan memberikan reminder.
Admin
Ridani (PIC Admin) menjelaskan secara garis besar tugas admin adalah memposting konten yang telah dibuat di akun Akuntansi UII baik Instagram maupun Twitter. Admin juga dituntut untuk aktif membalas komen ataupun direct message. Terkait pelaporan insight setiap postingan juga dicantumkan ke Editorial Planning.
Jurnalis
Retno (PIC Website) bercerita bahwa tugas utama seorang jurnalis adalah menulis artikel untuk diupload di website Akuntansi. Artikel dapat meliputi berita event yang diselenggarakan oleh Prodi Akuntansi, prestasi mahasiswa, hasil wawancara, hingga ringkasan artikel ilmiah.
Menjadi bagian dari Tim Media Sosial Prodi Akuntansi UII merupakan sebuah hal yang membanggakan. Selain tentunya menambah banyak wawasan baru, bergabung menjadi bagian tim juga secara langsung telah mendukung dalam perkembangan Prodi Akuntansi UII itu sendiri. Kalian gimana nih, Sob.. tertarik? Yuk ikuti Open Recruitment Tim Media Sosial Prodi Akuntansi melalui tautan ini! (Retno/Berlian)