Akuntansi UII Juarai ERPSIM Internasional

Foto Tim AntaresTim Antares Akuntansi UII kembali meraih prestasi dalam ajang kejuaraan Internasional ERPSIM. Tim ini juga sebelumnya telah meraih juara di tingkat regional Asia Pacific Japan. Kompetisi ini merupakan kompetisi rutin yang diselenggarakan di level dunia dan pesertanya terdiri dari perwakilan masing-masing region.

Saat diwawancarai melalui daring, Humam, Anggota Tim Antares menyatakan menjadi juara Internasional menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi mereka. Tidak hanya itu, kemenangan mereka juga tidak lepas dari dukungan Prodi Akuntansi UII yang telah membangun wadah dalam bidang ERP dengan membentuk ERP Competence Centre (ERPCC) sejak 2006. Banyak prestasi yang telah dicapai oleh mahasiswa Akuntansi UII seperti Juara 1 ERPSIM Asia Pacific Japan 2021 (baca di sini), Juara 1 Tingkat Nasional MERMC (baca di sini), dan masih banyak lagi.

Tantangan lebih berat dihadapi oleh Tim Antares dalam kompetisi yang diselenggarakan oleh HEC Montreal ini. Mulai dari tantangan sebelum perlombaan dimulai hingga saat berlangsungnya. “Mulai dari sangat kompetitifnya mencari pasar yang dilakukan oleh 21 tim, lalu terjadinya naik turunnya berbagai permintaan macam barang yang diinginkan customer secara tiba tiba,” ujar Humam. Tidak adanya kompetisi uji coba dari penyelenggara ini membuat tim Antares tidak bisa melihat bagaimana tim lawan akan bertanding.

Selain itu, UII yang sejak tahun 2018 belum menjuarai kembali kompetisi ini, menurut Humam juga menjadi tantangan tersendiri. “Kami memiliki ambisi tersendiri untuk mengharumkan nama UII kembali dan alhamdulillah mampu tercapai dengan bantuan banyak pihak,” tuturnya.

Dalam konferensi pers yang diselenggarakan pada Selasa (28/06), Mahmudi, Ketua Prodi Akuntansi, menuturkan bahwa Prodi memiliki komitmen tinggi untuk mendukung mahasiswanya. Hal ini didukung dengan penerapan kurikulum baru yang bertajuk Technopreneur dengan basis islami, teknologi, dan entrepreneurship.

Dengan wadah berupa ERPCC ini Prodi Akuntansi membekali mahasiswa akuntansi dengan dasar-dasar ERP dengan memasukkannya ke dalam mata kuliah wajib dan pilihan. Serta bekerjasama dengan SAP University Alliance Asia Pacific Japan dan telah berhasil menjadi juara di tingkat regional maupun dunia di tahun-tahun sebelumnya.

Tertarik dengan ERPSIM dan ingin seperti Tim Antares, daftarkan segera melalui laman pmb.uii.ac.id.